Cara Install Grub Customizer di Ubuntu, Linuxmint, ElementaryOS

Halo linuxer, linux mania dan linux newbie ^_^

Untuk kita yang entah sengaja atau terpaksa menggunakan lebih dari satu sistem operasi (OS) dalam satu PC atau laptop, misalnya Linux, Windows atau Linux Ubuntu, Linuxmint misal, maka GRUB menjadi pintu masuk pertama ketika komputer booting dimana kita dapat memilih, akan menggunakan sistem operasi mana saat itu.

Tampilan GRUB biasanya lumayan simpel, background hitam atau biru, dengan warna tulisan putih atau kuning. Sebenarnya bisa juga sih ditambahi background gambar, ya tapi itu nanti deh di tutorial lainnya, sekarang kita akan bahas cara memasang GRUB CUSTOMIZER, yaitu aplikasi untuk mengedit tampilan GRUB tanpa harus repot menggunakan terminal linux.

Cara ini berlaku di Ubuntu 13.10 Saucy Salamander, Ubuntu 13.04 Raring Ringtail, Ubuntu 12.10 Quantal Quetzal, Ubuntu 12.04 Precise Pangolin, Linux Mint 16 Petra, Linux Mint 15 Olivia, Linux Mint 14 Nadia, Linux Mint 13 Maya and Elementary OS 0.2 Luna.

Cara memasangnya adalah sebagai berikut :

1. Kita tambahkan repository (PPA)

$ sudo add-apt-repository ppa:danielrichter2007/grub-customizer

2. Update OS

$ sudo apt-get update

3. Install Grub Customizer

$ sudo apt-get install grub-customizer

Setelah itu, cara membuka aplikasinya adalah search saja dari start menu / aplikasi masing-masing OS. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *